PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Nur Arifah Margiyanti, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.; (2) mengetahui kelayakan modul sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data menggunakan angket lembar penilaian untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data meliputi instrumen penilaian kelayakan materi, instrumen kelayakan media, dan instrumen uji kelayakan pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif dengan skor rata-rata pada skala lima (skala Likert) terhadap skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul Administrasi Humas dan Keprotokolan dengan pendekatan kontekstual berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) hasil penilaian kelayakan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan dari ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,61 dengan 92,5% (sangat layak), ahli media diperoleh skor rata-rata 4,46 dengan 89,5% (sangat layak), guru mata pelajaran diperoleh skor rata-rata 4,72 dengan 94% (sangat layak), uji coba siswa diperoleh skor rata-rata 4,33 dengan 86,5 % (sangat layak). Dengan demikian, modul Administrasi Humas dan Keprotokolan yang dikembangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: pengembangan; modul pembelajaran; Administrasi Humas dan Keprotokolan; SMK


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta : UNY Press.

Hujair AH Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Joko Sutrisno. (2008). Model Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter