PELAKSANAAN KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA

Indah Gusrima, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi edukatif, hambatan komunikasi edukatif dan usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan komunikasi edukatif dalam proses belajar mengajar kelas X Kompetesni Keahlian Administrasi Perkantoran SMK BOPKRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua kompetensi keahlian administrasi perkantoran, dua guru kompetensi keahlian administrasi perkantoran dan tiga peserta didik kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Penelitian dengan menggunakan metode teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: : a) Pelaksanaan komunikasi edukatif yaitu  Membuka pelajaran dengan berdoa bersama, mengingatkan kembali materi sebelumnya dan menanyakan tugas, menjelaskan materi yaitu membuat, merangkum., tanya jawab, menggunakan bahasa Indonesia yang diselingi bahasa jawa, mengajukan pertanyaan kepada guru, dan menyimpulkan materi, b) Hambatan pertama dari aspek guru yaitu rendahnya respon atau umpan balik dari peserta didik, melalui respon guru akan dapat mengetahui pemahaman peserta didik, hambatan  kedua dari aspek peserta didik yaitu perhatian peserta didik yang bercabang dan tidak konsentrasi, hambatan ketiga yaitu aspek lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. c) Usaha yang dilakukan untuk  mengatasi hambatan yaitu usaha dari guru meliputi berdoa, memberikan motivasi, memberikan bimbingan, memberikan pengarahan. Usaha dari peserta didik mendengarkan, mempelajari materi, bertanya dengan teman, dan menjaga ketenangan. Kelas.

Kata lunci : komunikasi edukatif, proses belajar mengajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ngainum Naim. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pawit M. Yusuf. (2010). Komunikasi Intruksional, Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Sri Haryani. (2001). Komuniksasi Bisnis. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Suryosubroto B. (1997). Bahan Pengajaran Untuk Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter