PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STENOGRAFI BERBENTUK KOMIK PADA MATA PELAJARAN STENOGRAFI BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMK KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PANCASILA 2 KUTOARJO

Manik Sinatra Murti, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur atau langkah pengembangan  media pembelajaran stenografi berbentuk komik pada mata pelajaran stenografi bahasa Inggris untuk siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) mengetahui kelayakan komik stenografi bahasa Inggris untuk siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Pancasila 2 Kutoarjo berdasarkan penilaian/ validasi ahli materi, dan ahli media; (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan komik stenografi bahasa Inggris untuk siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek uji coba penelitian ini adalah 1 ahli media dan 1 ahli materi serta 34 siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Pancasila 2

Kutoarjo, yang mana  4 siswa untuk uji coba terbatas,dan 30 siswa untuk uji coba lapangan  utama. Metode yang digunakan  dalam  pengumpulan  data  adalah  angket dan wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komik stenografi bahasa Inggris berhasil dikembangkan diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Sugiono,yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk 1, uji coba lapangan utama , revisi produk 2, dan produksi massal; (2) hasil penilaian ahli  media  mendapat skor sebesar 143 (81%) dengan kategori “sangat baik”, hasil penilaian  ahli materi mendapat skor sebesar 148 (89,69%) dengan kategori “sangat baik”, dan (3) hasil uji coba pengguna mendapat skor

2.508 (87%). Dengan  demikian, media pembelajaran  berbentuk komik stenografi  bahasa  Inggris untuk kelas XII SMK Administrasi perkantoran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, komik, stenografi bahasa Inggris.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Darman (1996). Steno Inggris.

Purwokerto: LPAP profesional.

Daryono (1982). Stenografi Sistem Karundeng Stenografi Indonesia. Bandung: pd “Stenos”.

Eko Suharyono (2009). Komik sebagai media pembelajaran/jurnal/http:// www.guru indo.blogspot / diakses 31 Januari 2014.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter