PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (HIMA ADP) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNY

Ahmad Sulaeman, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi  terhadap prestasi belajar mahasiswa; (2) besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa; (3) besarnya pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran sebanyak 36 pengurus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi yang berjumlah 40 pengurus. Uji validitas instrumen menggunakan analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) pengaruh keaktifan mahasiswa mengikuti organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 23,0% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,230; (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 17,2% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,172; dan (3) pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti orgnanisasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 23,1% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2y(1,2)) sebesar 0,231.

 

Kata Kunci: keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi, disiplin belajar, prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar . Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Paryati Sudarman. (2004). Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter