PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Siyamjiyah Siyamjiyah, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; dan (3) lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Melakukan Prosedur Admnistrasi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi sebesar 50,1% ditunjukan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,501; (2) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi sebesar 41,3% ditunjukan dengan harga koefisien determinasi  (r2x1y) sebesar 0,413; dan (3) lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Melakukan Prosedur Administrasi sebesar 54,4% ditunjukan dengan harga koefisien determinsasi  (R2y(1,2)) sebesar 0,544.

 

Kata Kunci : lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dwi Siswoyo, dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Fuad Ihsan. (2001). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta

Muhibinn Syah. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter