PENGEMBANGAN MEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PRO CS5 PADAM STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA PERTEMUAN/RAPAT DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Kathy Ermey Sari, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran menggunakan Media Adobe Flash untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada Standar Kompetensi Mengelola Pertemuan/Rapat. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Media pembelajaran telah dikembangkan dengan tahap: 1) analisis, dilakukan pengumpulan informasi tentang analisis materi, analisis kebutuhan, dan analisis siswa; 2) perencanaan, yaitu tahap perancangan pembuatan flowchart dan storyboard; 3) development, yaitu tahap pengembangan desain ke dalam tampilan yang sebenarnya; 4) Implementation, yaitu tahap implementasi yang dilakukan dengan melalui dua tahap yaitu tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian uji kelayakan Media Pembelajaran menggunakan Adobe Flash berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,35 (sangat baik); 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,23 (sangat baik); 3) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor rata-rata 4,1 (baik); 4) Uji Coba Kelompok Besar diperoleh skor rata-rata 4,23 (sangat baik). Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran standar kompetensi mengelola pertemuan/rapat.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash, Mengelola Pertemuan/Rapat


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Deni Darmawan. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eko Putro Widyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensio.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 78. Sekretariat Negara. Jakarta. Diakses dari (http://referensi.elsam.or.id/2014/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/ ) pada tanggal 18 Juli 2016, jam 09.00.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter