PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEMAMPUAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PRIMA DI BAGIAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dwi Risnawati, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan UNY, (2) seberapa besar pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan UNY, (3) seberapa besar pengaruh budaya organisasi dan kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan UNY. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNY yang telah mendapatkan pelayanan di bagian kemahasiswaan UNY dengan sampel 100 mahasiswa. Pengujian instrumen dilaksanakan dengan memberikan angket kepada mahasiswa UNY di luar dari subjek penelitian dengan jumlah 30 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Prima dengan rx1y = 0,392 ; r2x1y = 0,698 ; dan thitung = 4,217 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Prima dengan rx1y = 0,809; r2x1y = 0,627 ; dan thitung = 93,829 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Prima dengan Ry(1,2)= 0,133 ; R2Y(1,2)=0,603 ; dan Fhitung= 93,829 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,090. Sumbangan relatif pengaruh Budaya Organisasi sebesar 11,2% dan Kemampuan Pegawai 88,8% terhadap Kualitas Pelayanan Prima. Sumbangan efektif pengaruh Budaya Organisasi 7,4% dan Kemampuan Pegawai sebesar 58,5%.

Kata kunci: Budaya Organisasi, Kemampuan Pegawai, Kualitas Pelayanan Prima


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amini. (2004). Perilaku Organisasi. Bandung: Cipta Pustaka.

Daryanto dan Ismanto Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Fajar Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Makmuri Muchlas. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soedaryono. (2000).Tata Laksana Kantor. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter