PELAKSANAAN INVENTARISASI BARANG MILIK/KEKAYAAN NEGARA DI KANTOR KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN KULON PROGO

Basariyul Khusnah, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan inventarisasi barang milik/kekayaan negara di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang yaitu Sekretaris KPU, Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik, Operator SIMAK BMN (Sistem Informasi & Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara) dan Operator SAKPA (Sistem Akuntansi Pengguna Anggaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pencatatan barang milik/kekayaan negara sudah dilakukan, akan tetapi pelaksanaannya masih terkendala pada saat input ke dalam aplikasi  SIMAK BMN. 2) Informasi pencatatan barang milik/kekayaan negara tidak lengkap. 3) Kantor KPU Kabupaten Kulon Progo sudah menggunakan kartu stock barang akan tetapi pencatatan keluar masuk barang yang dilakukan kurang tertib. 4) Tidak semua barang di Kantor KPU terdapat label nomor kode barang inventaris. 5) Setiap ruangan di Kantor KPU tidak terdapat rekap daftar barang ruang. 6) Pegawai hanya membuat kartu inventaris barang untuk tanah, gedung dan bangunan, sedangkan peralatan dan mesin belum dibuatkan kartu inventaris barang. 7) Pelaksanaan pelaporan sudah dilakukan, pelaksanaan dilakukan setiap triwulan dan tahunan. 8) Pelaksanaan pelaporan terkendala pada saat mengirim data barang milik/kekayaan negara karena pengiriman yang dilakukan pada akhir batas waktu yang sudah ditetapkan.

 

Kata kunci: pelaksanaan, inventarisasi barang


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Lukas Dwiantara dan Rumsari Hadi Sumarto. (2009). Manajemen Logistik

Pedoman Praktis Bagi Sekretaris dan Staf Administrasi. Jakarta: Grasindo.

PERMENDAGRI Nomor 54 Tahun 2010 diakses dari http://www.peraturan.go.id/perpres/ nomor-54-tahun201011e44c4f2ea83490a2 c03132313932 39.html, Pada tanggal 26 Januari 2017. Jam 15.45 WIB.

Rasih Hendrato, Rusdian. (2005). Pelaksanaan Inventarisasi Barang Milik/Kekayaan Negara. Surakarta: UNS.

Sadewo, RM. (1997). Pembinaan Administrasi Barang Milik/kekayaan Negara. Panca Usaha: Pusdiklat Anggaran.

Tagore. (1983). Petunjuk Pelaksanaan Inventarisasi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Modul Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Modul Sistem Informasi dan Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN). Diakses dari http://direktori.kemenag.go.id. Pada tanggal 3 April 2016. Jam 11.45 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter