PERAN MEDIA CENTER HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK BAGI MASYARAKAT DAN PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO

Elvika Putri Dinanti, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui peran Media Center Humas Pemerintah sebagai media komunikasi publik bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci (key informan) penelitian yaitu Kepala Sub Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan pengelola Media Center Humas. Informan pendukung yaitu wartawan senior dan masyarakat Kulon Progo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data ditentukan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Media Center Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam memberikan penerangan kepada masyarakat dengan membangun berbagai media, yaitu: media cetak, media elektronik dan media online. 2) Persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat dimulai dari pengelolaan informasi yang tepat di Media Center, berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), dimulai dari adanya berita kemudian membuat press release dan terakhir menginformasikan kepada media dan masyarakat/publik. 3) Pelaksanaan komunikasi dua arah dilakukan melalui program Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, yaitu: forum “Bupati Menyapa”, “Kamisan” dan Press Tour Daerah. 4) Media Center Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam mengevaluasi sikap dan opini publik dengan memanfaatkan teknologi dan informasi dengan membentuk layanan pengaduan masyarakat berupa SEMAR (Sistem Aduan Masyarakat Kabupaten Kulon Progo).

Kata kunci: Peran Media Center, Komunikasi Publik

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ardianto. (2007). Public Relations Praktis, Edisi Pertama. Jakarta: Widya.

Direktorat Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2011). Pedoman Umum Media Center. Jakarta: Kominfo.

Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Instruksi Presiden RI nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik. Diakses dari https://ppidkemkominfo.files.wordpress.com/2015/08/inpres-nomor-9-tahun-2015-tentang-pengelolaan-komunikasi-publik.pdf Pada tanggal 07 September 2016 jam 15.35 WIB.

Kasali, Rhenald. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kemendagri. (2015). “Peran Humas sebagai Komunikator Publik”. Diakses dari http://www.kemendagri.co.id/news/2015/11/18/peran-humas-sebagai-komunikator-publik. Pada tanggal 6 Januari 2016 jam 18.15 WIB.

Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran Cetakan IV. Jakarta: Kencana.

Lubis, Suwardi. (2001). Public Relations dalam Kontrak Survey dan Penelitian. Medan: USU Press.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2008). Hubungan Media: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Gravindo.

Peraturan Pemerintah No 6 tahun 2008 Tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, diakses dari http://www.bpn.go.id/Publikasi/Peraturan-Perundangan/Peraturan-Pemerintah/peraturan-pemerintah-nomor-6-tahun-2008-2175 Pada tanggal 10 Januari 2016 jam 19.12 WIB.

Richard, West & Lynn H. Turner. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Sorot Kulon Progo. (2016). “Humas Kulon Progo Tak Punya Buku Pejabat”. Diakses dari http://sorotkulonprogo.com/berita-kulonprogo-1640-humas-kulon-progo-tak-punya-buku-pejabat.html. Pada tanggal 9 Juni 2016 jam 11.15 WIB.

Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah, diakses dari http://www.sanitasi.net/undang-undang-no-32-tahun-2004-tentang-pemerintahan-daerah.html Pada tanggal 10 Januari 2016 jam 18.14 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter