PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS DI UNIT TEATER DAN PENTAS SENDRATARI RAMAYANA PT TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN, BOROBUDUR, DAN RATU BOKO

Nuri Rizki Novitasari, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan  public relations di Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko. Penelitian ini merupakan   penelitian   deskriptif   kualitatif.   Penentuan   subjek   penelitian   menggunakan   teknik purposive sampling. Pelaksanaan public relations di Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: pencarian fakta, perencanaan, pengkomunikasian, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan dilakukan melalui angket. (2) perencanaan dilakukan dengan cara perencanaan program berdasarkan infomasi hasil angket untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan. (3) sosialisasi program dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan fasilitas,  standar  pelayanan  pengunjung  dengan  5S  (Senyum,  Salam,  Sapa,  Sopan,  Santun).  (4) evaluasi dilaksanakan dengan cara menindaklanjuti hasil kritik dan saran yang diperoleh melalui angket. (5) hambatan yang terdapat dalam pelaksanaan public relations diantaranya kurangnya penunjuk arah, sebagian pengunjung mengeluhkan dengan harga tiket yang relatif mahal, promosi kurang lengkap, fasilitas toilet kurang diperhatikan dalam segi kebersihan, dan kurangnya tenaga dalam penyampaian bahasa inggris.

 

Kata Kunci: Public Relations, Unit Teater dan Pentas Sendratari Ramayana Ballet Prambanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter