TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN BUS TRANS JOGJA DI PT ANINDYA MITRA INTERNASIONAL

Zilda Fathonah, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Bus Trans Jogja di PT Anindya Mitra Internasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dari penelitian ini yaitu kepuasan pelanggan dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Insidental sampling di 16 shelter di kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan pengisian angket tertutup dan Observasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan bus Trans Jogja dengan persentase sebesar 65% berada pada kategori kurang puas. Berdasarkan indikator keberadaan sarana dan prasarana sebesar 45% berada pada kategori kurang puas, berdasarkan indikator kesiapan pegawai dan keberadaan Informasi sebesar 50% berada pada kategori tidak puas, berdasarkan indikator ketanggapan pegawai sebesar 54% berada pada kategori kurang puas, berdasarkan indikator ketepatan waktu sebesar 42% berada pada kategori kurang puas, berdasarkan indikator perilaku pegawai sebesar 43% berada pada kategori kurang puas, berdasarkan indikator biaya dan kemudahan sebesar 43% berada pada kategori puas.

 

Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Trans Jogja

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto & Ismanto Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salembat Empat.

Nasution. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nova, Firzan (2012). Republic Relations. Jakarta: Media Bangsa.

Rahmayanty, Nina. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metode Pnelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tentang Pelayanan Publik. 2009. www.stks.ac.id/wpcontent/uploads/2015/10/UU-NO.25-THN-2009-TENTANG-PELAYANAN-PUBLIK.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter