PENGEMBANGAN MODUL PERALATAN KANTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Siti Nurjanah, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang layak dari aspek materi dan aspek media yang terdapat pada modul penggunaan peralatan kantor dan mengetahui peran modul penggunaan peralatan kantor dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain pengembangan dari Borg and Gall. Dalam penelitian ini hanya menggunakan langkah pertama sampai kelima. Subyek penelitian ini adalah 3 reviewer sebagai validator  yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru mata pelajaran. Modul hasil pengembangan kemudian diujicobakan kepada 24 peserta didik kelas XI AP 4 SMK Negeri 1 Depok Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas angket, lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk berupa modul Penggunaan Peralatan Kantor layak digunakan sebagai media pembelajaran karena memperoleh nilai rerata baik. Hasil penelitian menunjukkan, peningkatan kemandirian belajar peserta didik melalui angket dengan rerata persentase sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan modul sebesar 15,68%, sedangkan melalui lembar observasi sebesar 41,12%.  Berdasarkan skor pretest dan posttest, kemampuan kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 0,60 yang ditunjukkan dengan gain score dengan kategori sedang.

 

Kata kunci: pengembangan, modul, kemandirian belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Haryati, Mimin. (2007). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mudjiman, Haris. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP dan UNS Press.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Haryati, Sri. (2012). Research And Development Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Jurnal FKIP-UTM. vol. 37 no. 1 (September, 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter