SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Ayu Windari, Rosidah Rosidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kelengkapan dan kondisi sarana Laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Muhamamdiyah 1 Wates, 2) Kelengkapan dan kondisi prasarana Laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Muhamamdiyah 1 Wates, 3) Hambatan dan upaya dalam meningkatkan kelengkapan dan kondisi sarana dan prasarana Laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu Wakil Kepala Sekolah bidang sarana dan prasarana, Kepala Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran dan guru mata pelajaran mengelola peralatan kantor. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kelengkapan meja dan kursi pada laboratorium telah memenuhi jumlah siswa perkelas. Mesin kantor seperti telefon, faximile, mesin ketik elektronik belum tersedia. Media pembelajaran telah tersedia lengkap dan dalam kondisi baik. Perlengkapan pendukung tidak tersedia sesuai syarat minimal, 2) Sekolah belum dilengkapi dengan laboratorium kearsipan, laboratorium mesin kantor, ruang instruktur dan penyimpanan. Luas latai/peserta didik tidak sesuai standar yaitu 4m2/peserta didik. Tata ruang belum nyaman karena lebar lorong belum sesuai ketentuan yaitu 120 cm untuk lorong utama dan 80 cm untuk lorong samping. Intensitas cahaya tidak sesuai dengan ketentuan yaitu 20-30 fc. Sirkulasi udara berjalan dengan lancar dan kombinasi warna ruangan dapat menjadikan suasana nyaman, 3) Hambatan yang terjadi ialah kurang lahan sekolah, lama proses pengajuan kebutuhan ke pihak sekolah dan keuangan. Upaya yang telah dilakukan ialah membuat jadwal PI berbeda-beda setiap jurusan agar tersedia ruangan untuk laboratorium mengetik manual dan juga mengajukan bantuan ruangan praktik siswa (RPS) ke pemerintah.

Kata kunci :    Sarana dan Prasarana,  Laboratorium Administrasi Perkantoran,  SMK Muhammadiyah 1    Wates


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Didi Wahyu S. (2011). Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Efisiensi (Vol. XII Nomor 2).

Ibrahim Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Richard Decaprio. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter