PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA PERALATAN KANTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Ayu Kurniawati, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh dan signifikansi antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (2) seberapa besar pengaruh dan signifikansi antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (3) seberapa besar pengaruh dan signifikansi keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto karena dilakukan pada suatu peristiwa yang telah terjadi kemudian dirunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut tanpa memberikan manipulasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul pada bulan Maret 2016. Subyek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh sebesar 36,7% dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (2) fasilitas belajar memiliki pengaruh sebesar 23,4% dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (3) keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 37,89% dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Berdasarkan hasil tersebut maka variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru.

 

Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

J.J. Hasibuan dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur Aeni Hasanah. (2010). “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sistem Kearsipan pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Pekalongan”. Jurnal Ekuilibrium Vol. 1 No. 2. Hlm. 67-70.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter