PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES PADA STANDAR KOMPETENSI BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN

Firman Nugroho, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates dalam standar kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates yang berjumlah 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengukur variabel Strategi Pembelajaran Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Pengujian instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Wates pada siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 40 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas  X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada Standar Kompetensi Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan yang ditunjukan  sebesar 0,729, koefisien determinasi  sebesar 0,532 dan (7,761)> (2,006). Berdasarkan koefisien determinasi  sebesar 0,532 artinya 53,2% Motivasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh Strategi Pembelajaran Guru, sementara sisanya 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Asep Jihad & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Suparman S. (2010: 50). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter