PENGARUH KEPEMIMPINAN DIRI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 WONOSARI

Reny Vita Fatika, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) pengaruh kepemimpinan diri terhadap motivasi berwirausaha (2) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi berwirausaha (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha (4) pengaruh kepemimpinan diri, komunikasi interpersonal, dan pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha secara bersama-sama siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi berwirausaha. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepemimpinan diri, komunikasi interpersonal, dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden adalah 96 siswa dari seluruh kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS Statistics 20 dengan analisis deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kepemimpinan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 27,5% (2) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 9,8% (3)  Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 17,4 % (4) Kepemimpinan diri, komunikasi interpersonal, dan pendidikan kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 29,7%.

Kata kunci: Kepemimpinan Diri, Komunikasi Interpersonal, Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Basrowi. (2011). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Djoko Purwanto. (2011). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari www.pendidikan-diy.go.id/file/produk_ hukum/uu_14_2005.pdf pada tanggal 7 April 2016 pukul 15.51 WIB.

Wirawan. (2014). Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Depok: Kharisma Putra Utama Offset.

www.bps.go.id, diakses pada tanggal 4 April 2016 pukul 16.46 WIB.

www.depdiknas.go.id, diakses pada tanggal 7 April 2016 pukul 19.25 WIB.

www.kemdikbud.go.id, diakses pada tanggal 7 April 2016 pukul 19.17 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter