PENGARUH EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Aninda Artiandewi, Purwanto Purwanto

Abstract


           Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh efikasi diri berwirausaha mahasiswa terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY, 2) mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY, 3) mengetahui pengaruh efikasi diri berwirausaha dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY angkatan 2013 dan angkatan 2014. Penentuan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 110 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 40 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Prasyarat Analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi dua prediktor. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri berwirausaha terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY dengan  = 0,407,  = 0,166,  = 4,631, dan  = 1,658 pada taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha  mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY dengan  = 0,599,  = 0,359,  = 7,778, dan  = 1,658 pada taraf signifikansi 5%, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri berwirausaha dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY dengan  = 0,610,  = 0,372,  = 31,758, dan  = 3,09 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif efikasi diri berwirausaha sebesar 4,64% dan pendidikan kewirausahaan sebesar 32,56%, sedangkan 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang mempengaruhi intensi berwirausaha yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti gender, latar belakang keluarga, dan kebutuhan akan prestasi.

 

Kata kunci: Efikasi Diri Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Intensi Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Hadi Sumarsono. (2013). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo”. Jurnal Ekuilibrium Vol. 11 No. 2. Hlm. 62-88.

Kemendikbud. (2013). Program Wirausaha Mahasiswa (PMW). Diunduh dari: http://www.dikti.go.id/?page_id=447〈=id, pada tanggal 2 Februari 2016.

Retno Budi Lestari dan Trisnadi Wijaya. (2012). “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI”. Jurnal Ilmiah STIE MDP (Vol. 1 No. 2). Hlm. 112-119.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012. Pendidikan Tinggi. 10 Agustus 2012. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158. Jakarta.

www.bps.go.id/website/brs_ind/brsInd-20151105121046.pdf, diakses pada tanggal 1 Februari 2016.

www.pendidikan-administrasi-perkantoran.fe.uny.ac.id/visi-misi-tujuan, diakses pada tanggal 1 Februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter