PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH DI KELAS X DAN XI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

Irma Rohmi Wahyunita, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh dan signifikansi komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; (2) seberapa besar pengaruh dan signifikansi pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; (3) seberapa besar pengaruh dan signifikansi komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang.  Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang yang berjumlah 300 siswa dan sampel sebanyak 161 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda setelah uji prasyarat dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa memiliki pengaruh sebesar 20,2% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; (2) pola asuh orang tua memiliki pengaruh sebesar 19,8% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang; dan (3) komunikasi interpersonal antar guru dengan siswa dan pola asuh orang tua secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 29,4% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa pada peraturan tata tertib sekolah di kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Magelang. Berdasarkan hasil tersebut maka variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal, pola asuh orang tua, kedisiplinan


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2005). Diktat Mata Kuliah Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamidah. (2002). Perbedaan Kepekaan Sosial Ditinjau dari Persepsi Remaja terhadap Pola Asuh Orangtua pada Remaja di Jawa Timur. Jurnal Insan Vol 4 No.3 Desember 2011.

Hong, Ediva (2012). Impacts of Parenting on Children’s Schooling. Journal of Student Engagament: Education Matters. Hlm. 36-41.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Suranto .AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsul Yusuf L.N. & Nani M. Sugandhi. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.

Tulus Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yogi Antoni. (2014). Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua dan Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa terhadap Kedisiplinan Siswa pada Peraturan Tata Tertib Sekolah di Kelas XI dan XII SMK YPKK 3 Sleman. Skripsi. FE-UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter