PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS DALAM RANGKA MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tusri Suharyadi, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan aktivitas public relations dalam rangka meningkatkan citra lembaga di BTKP DIY, 2) faktor penghambat pelaksanaan public relations dalam meningkatkan citra lembaga di BTKP DIY, 3) upaya yang dilakukan BTKP DIY dalam menangani berbagai hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Balai, Kepala Seksi Layanan dan Promosi, dan Staff Seksi Layanan dan Promosi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa pelaksanaan aktivitas public relations dalam meningkatkan citra lembaga di BTKP DIY sudah berjalan dengan baik walaupun belum sepenuhnya optimal. Faktor penghambat pelaksanaan public relations dalam rangka meningkatkan citra lembaga adalah: (1) kurang tersedianya sumber daya manusia pelaksana public relations yang dimiliki BTKP DIY, (2) kurangnya komunikasi yang dilakukan oleh pelaksana public relations kepada stakeholder. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pada pelaksanaan public relations BTKP DIY adalah: (1) memberikan pelatihan kepada pelaksana public relations dalam hal pemanfaatan iptek, (2) penggunaan media komunikasi yang tepat untuk meningkatkan hubungan komunikasi dengan stakeholder.

 

Kata kunci: public relations, citra lembaga


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Buku II: Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lena Satlita (2002). Public Relations dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: FISE UNY.

Rachmadi. (1996). Public Relations. Jakarta: Gramedia.

Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardiano. (2008). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter