PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Rista Dwisanidya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul pembelajaran standar kompetensi Menerapkan Prinsip-Prinsip Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk SMK kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dengan menggunakan model ADDIE. (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran standar kompetensi Menerapkan Prinsip-Prinsip Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk SMK kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Validasi modul dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Modul ysng dikembangkan diujicobakan kepada 33 siswa kelas X ADP SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa modul sangat  layak untuk digunakan, terbukti dengan penilaian oleh ahli media yang mendapatkan nilai rata-rata 4,43 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi yang mendapat nilai rata-rata 4,92 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji kelompok kecil yang dilakukan kepada 5 siswa berpendapat bahwa modul “Sangat Layak” untuk di uji coba dalam kelompok besar  dengan nilai persentase Sangat Setuju 69,3%, Setuju 22,7%, dan Kurang Setuju 8%. Uji kelompok besar  yang dilakukan kepada 28 siswa berpendapat bahwa modul “Sangat Layak” untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai persentase  Sangat Setuju 61%, Setuju 34%, dan Kurang Setuju 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul disajikan dengan menarik, soal latihan disampaikan dengan jelas, medorong rasa ingin tahu untuk belajar lebih giat, menambah pemahaman tentang “Menerapkan Prinsip-Prinsip Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan” dan menambah motivasi dalam belajar.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Modul Pembelajaran, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Made Wena.(2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Saifuddin Azwar. (2002). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press

Sutirman.(2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter