PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X OTKP DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018

Muflikhah Muflikhah, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 1 Tempel, (2) konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 1 Tempel, (3) pergaulan teman sebaya dan konsentrasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda setelah uji prasyarat analisis dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 1 Tempel sebesar 45,8% pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat pengaruh signifikan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 1 Tempel sebesar 62% pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat pengaruh signifikan pergaulan teman sebaya konsentrasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 1 Tempel sebesar 67,5% pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini yaitu konsentrasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hadi, A. S. (2008). Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: UNS Press.

La Greca, A. M. & Harrison, H. M. (2005). Adolescent Peer Relations, Friendships, and Romantic Relationships: Do They Predict Social Anxiety and Depression. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology 2005, Vol. 34, No. 1, 49–61.

Liu, J., Cao, S., Chen, Z., et al. (2015). Cohort Profile Update: The China Jintan Child Cohort Study. International Journal of Epidemiology, Volume 44, Pages 1548–1548.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology) buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, S.W. & Meinarno E. A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subini, N. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta: Javalitera

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter