PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

Eva Diana Lestari, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa; 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa; 3) pengaruh fasilitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kearsipan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa yaitu sebesar 58,5% ditunjukkan dari hasil r2x1y sebesar 0,585 dan signifikansi 0,000 < 0,05; 2) ada pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa yaitu sebesar 88,8% ditunjukkan dari hasil r2x2y sebesar 0,888 dan signifikansi 0,000 < 0,05; 3) ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kearsipan siswa yaitu sebesar 92,2% ditunjukkan dari nilai R2y(1,2) sebesar 0,922 dan signifikansi 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Agrinanda Hanum Oktavina Damayanti. (2014). Pengaruh Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad Susanto. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Alimi, et. al. (2012). School Typers, Facilities and Academic Performance of Students in Senior Secondary Schools in Ondo State, Nigeria. Journal, Vol. 5, No. 3, pp. 44-48. ISSN: 1913-9020.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cepi Safruddin Abdul Jabar, et al. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

M. Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maxwell D. Eremie. (2017). Study Habits of Senior Secondary School Students and Academic Performance in Rivers State. Journal, Vol. 5, No. 3, pp. 52-59. ISSN: 2354-2942.

Nana Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukma Dian Konaah. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter