MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SANJAYA PAKEM

Desy Wulandari, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab manajemen laboratorium Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Sanjaya Pakem yang belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 orang yaitu Kepala Laboratorium, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Administrasi Perkantoran, dan Peserta didik kelas X dan XI Administrasi Perkantoran sejumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab manajemen laboratorium Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Sanjaya Pakem belum optimal yaitu: 1) perencanaan: koordinasi dengan pihak yayasan membutuhkan waktu cukup lama. 2) pengorganisasian: tidak dimilikinya struktur organisasi laboratorium, deskripsi tugas dan tanggung jawab berdampak pada tumpang tindih beban kerja kepala laboratorium yang juga merupakan Ketua Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. 3) pencatatan: kurangnya pengetahuan pengelola laboratorium mengenai dokumen pencatatan laboratorium yang perlu dibuat dan inventarisasi peralatan. 4) pemeliharaan: jadwal pemeliharaan tidak dibuat dan tidak ada pelatihan manajemen laboratorium sehingga pembersihan laboratorium belum dilakukan secara rutin dan menyeluruh serta kapasitas pengelola laboratorium belum optimal. 5) pengawasan: alat pengawasan laboratorium tidak dibuat dan hanya ditekankan pada saat kegiatan pembelajaran di laboratorium berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Altarawneh, Ikhlas I. (2016). Strategic Human Resources Management and its Impact on Performance: The Case from Saudi Arabia. International Journal of Business Management and Economic Research, 7(1), 486-503.

Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Decaprio, Richard. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Gomez-Mejia, Luis. R. & Balkin, David B. (2002). Management (International ed). New York: Mc Graw Hill Companies Inc.

Hamdani, Anti Damayanti & Kurniatanty, Isma. (2008). Manajemen dan Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga.

Manullang. (2012). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sitorus, Marham & Sutiani, Ani. (2013). Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudirman, Didi Wahyu. (2011). Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Efisiensi, XII Nomor 2, 56-65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter