PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA KABUPATEN SLEMAN

Vita Lutfiah, Rosidah Rosidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri  terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Kabupaten Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta  Kabupaten Sleman yaitu di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dan SMK Muhammadiyah 1 Tempel yang berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengukur variable Praktik Kerja Industri dan Kesiapan Kerja Siswa. Pengujian instrumen dilaksanakan di SMK Swasta di Kabupaten Sleman pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 30 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji linieritas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK swasta Kabupaten Sleman yang ditunjukkan rxy sebesar 0,637, koefisien determinasi (xy) sebesar 0,405 dan thitung (7,289) > ttabel (1,9908). Berdasarkan koefisien determinasi (xy) 0,405 artinya 40,5% Kesiapan Kerja siswa dipengaruhi oleh Praktik Kerja Industri, sementara sisanya 59,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

 


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik . (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Agustus 2016-2017. (diakses dari http://www.bps.go.id/)

Brady, Robert (2010). Work Readinnes Inventory. Indianapolis :JIST Works

Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta : PT Jayakarta Agung Offset.

Dynan, Linda. (2008). “The Impact of Learning Structure on Students' Readiness for Self-Directed Learning”. Page 96-100. Volume 84, No 2.

Dyrli, K. O. E. (2009). “Symposium addresses college and career readiness. District Administration, 45(9), 16.

Fitriyanto, Agus. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar (2007). Pengembangan SDM Pelatihan Ketenagakerjaan Pendidikan Terpadu.Jakarta : Bumi Aksara

Longworth, N. (2003). Making Lifelong Learning Work: Learning Cities For a Learning Century. London: Kogan Page Imited.

Sugihatono. (2000). Aspirasi Siswa Terhadap Pekerjaan Dan Prestasi Akademik Kaitannya Dengan Kesiapan Memasuki Kerja Pada Siswa Sekolah Kejuruan di DIY. Laporan Penelitian. FIP: IKIP Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter