STRATEGI MEMBANGUN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 TEMPEL YOGYAKARTA

Fransisca Vera Damartha, Nadia Sasmita Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri dalam pembelajaran public speaking peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Subjek penelitian ini guru administrasi perkantoran menjadi informan kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi membangun keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri dalam pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu cooperative learning dengan metode pembelajaran diskusi, presentasi dan tanya jawab.  2) strategi meningkatkan kepercayaan diri peserta didik  melalui kegiatan sekolah. 3) upaya meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik adalah dengan melatih peserta didik kelas XI dalam kegiatan belajar mengajar seperti diskusi, tanya jawab, presentasi dan memberikan contoh nyata teknik berbicara yang baik kepada peserta didik. 4) hambatan yang dihadapinya yaitu keterbatasan waktu dalam kegiatan belajar mengajar yang menyebabkan kurang maksimal dalam pengintegrasian strategi dan partisipasi peserta didik kurang dalam pembelajaran. 5) cara mengatasi hambatan dalam menguasai kemampuan public speaking dengan berusaha memaksimalkan waktu yang ada, ketika kegiatan belajar mengajar guru berusaha melatih kemampuan peserta didik dengan diskusi dan presentasi dan menggencarkan kepada peserta didik untuk selalu memperbanyak latihan, melakukan penguasaan materi, yakin akan kemampuan diri sendiri.

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Devito, J.A. (2012). Komunikasi Antar Manusia.. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Fitriana, D. (2013). Public Speaking: Kunci Sukses Bicara di depan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ganime, A.P. & Didem, S.S. (2014). The communication styles used by teachers in numerical lessons. Proceedings Social and Behavioral Sciences, Turkey, 116, 2485 – 2488.

Hacicaferoglu, S. (2014). Survey on the Communication Skills that the College Students of School of Physical Education and Sports Perceived. Teaching Staff. Hal 54-67.

Hakim, T.(2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa

Jaffe, C. (2013). Public speaking: concept and skills for a diverse society. Boston : Wadsworth, cengange learning.

Shyam, S.S. & Irene, E.J. (2015). Public Speaking Skills. Journal of Vocational Education & Training, 26, 129-132.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suranto, A.W. (2012). Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H.G. (2012). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampiilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Warman, D. (2013). Hubungan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 4, No. 1.

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif KontemporerI. Jakarta : PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter