PENGARUH PENGHARGAAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Yulia Safitri, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) penghargaan terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik; (3) penghargaan dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) penghargaan terhadap motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,693 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; r2x1y sebesar 0,343 yang berarti bahwa penghargaan mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 34,3% (2) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,391 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; r2x1y sebesar 0,319 yang berarti bahwa lingkungan sekolah mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 31,9% (3) penghargaan dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 21,865 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; r2x1y sebesar 0,418 yang berarti bahwa penghargaan dan lingkungan sekolah secara bersama-sama mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 41,8%.


Full Text:

PDF

References


Buchari Alma, dkk. (2008) GURU PROFESIONAL (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta

Dimyati & Mujiono. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eva Latipah. (2012) Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia

Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011) Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Hamzah B Uno. (2013) Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Natalia. (2014) “Pengaruh Pemberian Penghargaan oleh Guru Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Pontianak”. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak

Santrock, John W., (2009) Psikologi Pendidikan = Educational Psycology Buku 2 Edisi 3 (Alih Bahasa: Diana Angelica). Jakarta: Salembaa Humanika

Sardiman A.M. (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Yenisa Rizki Hawa. (2017) “Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Pemanfaatan Fasilitas terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter