EFKETIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Luly Syahkisrani, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pemanfaatan laboratorium Kompetensi Keahlian Admistrasi Perkantoran sebagai sumber belajar di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan responden 65 siswa kelas XI ditentukan secara purposive sampling, 6 guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran dan 2 pengelola laboratorium Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang terdiri atas kepala laboratorium dan teknisi laboratorium. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner atau angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemanfaatan laboratorium Kompetensi Keahlian Admistrasi Perkantoran sebagai sumber belajar di SMK Negeri 1 Bantul masuk dalam tingkat kategori efektif dengan persentase sebesar 80,05%. Efektivitas pemanfaatan laboratorium Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebagai sumber di SMK Negeri 1 Bantul dilihat dari (1) indikator input masuk dalam tingkat kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 80,35%, (2) indikator proses efektivitas pemanfaatan laboratorium Kompetensi Keahlian Admistrasi Perkantoran sebagai sumber di SMK Negeri 1 Bantul masuk dalam tingkat kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 79,22% dan (3) indikator output termasuk dalam tingkat kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 80,57%.

Full Text:

PDF

References


Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Island, E.P. (2008). Evaluation and Selection of Learning Resources: A Guide. Departement of Education. Canada. Diambil pada tanggal 6 Maret 2018, dari http://www.gov.pe.ca/educ.

Mulyasa. E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Olubu, O.M. (2015). Influence of Laboratory Learning Environment on Students’ Academic Performance in Secondary School Chemistry. [Versi elektronik]. Journal of US-China Review A, December 2015, Vol. 5, No. 12, 814-821.

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madasrah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Sagala, S. (2011). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudirman, D.M (2011). Penglolaan Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Efisiensi. Vol. XII, Nomor 2.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter