PENGELOLAAN ARSIP DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN NGANJUK

Lutfi A'isatul Umami, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penciptaan arsip, 2) penggunaan dan pemeliharaan arsip, 3) penyusutan arsip, 4) faktor-faktor pendukung pelaksanaan pengelolaan arsip di Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengelolaan arsip di Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk meliputi: 1) Penciptaan arsip dalam hal pencatatan surat masuk dan surat keluar berjalan dengan sesuai prosedur; 2) Penggunaan arsip yang meliputi peminjaman arsip masih belum menggunakan prosedur, pemeliharaan arsip tidak pernah dilakukan, arsip yang sudah disimpan dalam almari tidak pernah dibersihkan; 3) Penyusutan arsip yang dilakukan adalah pemindahan dan pemusnahan; 4) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pengelolaan arsip meliputi: a) sistem penyimpanan arsip menggunakan sistem penyimpanan nomor; b) fasilitas yang ada sudah memadai, akan tetapi penggunaan fasilitas kurang maksimal; c) petugas arsip belum pernah mengikuti diklat kearsipan dan belum ada yang memiliki latar belakang pendidikan dibidang kearsipan; d) lingkungan kerja kearsipan sudah nyaman dilihat dari pengaturan suhu udara, penerangan dan warna dinding.


Full Text:

PDF

References


Basir Barthos. (2014). Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

International Council on Archives. (2005). Electronic Record a Workbook for Archivist. Paris: ICA

Kristiyanti, I. (2015). Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Efisiensi Vol VIII No 2.

Maryati. (2014). Manjemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Meirinawati & Prabawati, I. (2015). Manajemen Kearsipan untuk Mewujudkan Tata Kelola Administrasi Perkantoran yang Efektif dan Efisien. Jurnal SNPAP “Pengembangan Ilmu dan Profesi Administrasi Perkantoran: Tantangan dan Peluang”

Nuraida, I. (2014). Menejemen Administrasi Perkantora edisi revisi. Yogyakarta: Kanisius.

PERBUP 2011-04 Tentang Tata Kearsipan Pemkab Nganjuk bab V pasal 10 ayat 1.

Priansa, D & Damayanti, F. (2015). Administrasi dan Opersional Perkantoran. Bandung: Alfabeta.

Sedianingsih. (2010). Teori dan Praktik Administrasi Kesekratariatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudiyanto. (2014). Peluang Arsiparis Menjadi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID). Jurnal ANRI Vol 9 No. 2

Sugiarto, A & Wahyono, T. (2014). Manajemen Kearsipan Elektronik. Yogyakarta: Gava Media

Sugiarto, A & Wahyono, T. (2015). Manajemen Kearsipan Modern dari Konvensional ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.

The Liang Gie. (2009). Administrasi Perkantoran Modern. Yogykarta: LIBERTY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter