PENGARUH KETELITIAN DAN KECEPATAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AHASS GALUR HONDA MOTOR

Ririn Kurniawati, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) ketelitian pelayanan terhadap kepuasan pelanggan AHASS Galur Honda Motor; (2) kecepatan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan AHASS Galur Honda Motor; dan (3) ketelitian dan kecepatan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan AHASS Galur Honda Motor. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ini adalah pelanggan AHASS Galur Honda Motor yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 30 pelanggan di AHASS Shinta Motor. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji coba reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan ketelitian pelayanan terhadap kepuasan pelanggan AHASS Galur Honda Motor sebesar 47,8% ditunjukkan dengan rx1y 0,641 r2x1y  0,478 dan thitung 9,469 > ttabel 1,984  ; (2) ada pengaruh positif dan signifikan kecepatan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan AHASS Galur Honda Motor sebesar 48,2% ditunjukkan dengan rx2y  0,649 r2x2y 0,482 dan thitung 9,548 > ttabel  1,984; (3) ada pengaruh positif dan signifikan ketelitian dan kecepatan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan AHASS Galur Honda Motor sebesar 51,7% ditunjukkan dengan Ry(1,2)  0,719, R2y(1,2)  0,517 dan Fhitung  51,897 >  Ftabel  1,73.


Full Text:

PDF

References


Sampara Lukman. 2004. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: LAN

Fajar Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyadi Prawirosentono. 2008. Managemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Era Perdagangan Bebas Dunia Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE

Tamrin Abdullah dan Franscis Tantri. 2013. Manajemen pemasaran. Jakarta: Raja Grafindopersada

Wilson Bangun. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter