PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Ita Yuniastuti, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Korespondensi, (2) besarnya pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar Korespondensi, (3) besarnya motivasi belajar dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Korespondensi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 43 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Korespondensi sebesar 37,3, (2) terdapat pengaruh pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar Korespondensi sebesar 17,1, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Korespondensi sebesar 40,4%.


Full Text:

PDF

References


Asvio, N., Arpinus, Suharmon. (2017). The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students’ Learning Achivement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar In 2016. Journal of Social Research, 2, 2519-9722.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mosha, M.A. (2017). The Influence of Peer Group on Academic Peformance of Adolescent Students in secondary schools in Tanzania. Journal of Educational Studies and Review, 3, 2449-1837.

Nurihsan, A.J. & Agustin, A. (2013). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Purwanto, M.N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S. (2004). Landasan Pikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter