PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Zulfa Nur Naimmah, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, (2) besarnya pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, (3) besarnya pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates. Metode yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 78 siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 50,0% dengan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 43,1%, dengan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 60,9%, dengan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05).


Full Text:

PDF

References


Alipour, M., Salehi, M. and Shahnavaz, A. (2009). A Study of on the Job Training Effectiveness: Empirical Evidence of Iran. Internasional Journal of Bussiness and Management (Nomor 11, Volume 4). Hlm 63-68.

Astuti, E.D. (2012). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ervandi, D. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kemampuan Akademis Siswa terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK N 2 Bawang. Skripsi Pendidikan Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pool, L. dan Sewell, P. (2007). The Key To Employability: Developing A Practical Model of Graduate Employability. Journal Education And Training (Nomor 4, Volume 49). Hlm 277-289.

Purwanto, M. N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Prasetiani, A. (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Akuntansi dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Soenarto. (2003). Kilas Balik dan Masa Depan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan. Yogyakara: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugihartono. (2000). Aspirasi Siswa terhadap Pekerjaan dan Prestasi Akademik Kaitannya dengan Kesiapan memasuki Kerja pada siswa Sekolah Kejuruandi DIY. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Susana, N. (2016). Pengelolaan Praktik Kerja Industri. Jurnal Manajer Pendidikan (Nomor 6, Volume 10). hlm. 579-587.

Uno, H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter