PELAKSANAAN PELATIHAN PELAYANAN PRIMA UNTUK KARYAWAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ratna Ariani, Rosidah Rosidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan pelayanan prima untuk karyawan di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (Kopma UNY). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Bidang Personalia Kopma UNY, Asisten  Bidang Personalia, dan karyawan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan  bahwa pelaksanaan pelatihan pelayanan prima  terdapat tiga tahap, yaitu: 1) Tahap perencanaan pelatihan pengurus menentukan beberapa hal terkait pelatihan yaitu jenis pelatihan, waktu pelatihan, peserta pelatihan, instruktur, dan materi pelatihan. 2) Tahap pelaksanaan kegiatan pelatihan, pada pelaksanaan pelatihan masih terdapat ketidaksesuaian antara kualifikasi instruktur pelatihan dengan jenis pelatihan. Hal tersebut dikarenakan instruktur yang dipilih kurang menguasai tema pelatihan dan kurang menguasai teknik penyampaian materi kepada peserta. 3)  Tahap evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa setelah pelatihan terdapat perubahan perilaku, serta keterampilan pada karyawan namun perubahan tersebut tidak bertahan lama karena setelah beberapa waktu karyawan akan kembali pada perilaku dan keterampilan awal karyawan.


Full Text:

PDF

References


Agus Suryana. (2006). Panduan Praktis Mengelola Pelatihan. Jakarta: Edsa Mahkota.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Malayu Hasibuan S.P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Marihot Amh Mannulang. (2006). Manajemen Personalia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan: Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Soekidjo Notoatmodjo. (1992). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Raymond A. Noe (2002). Employee Training and Development. New York: McGraw-Hill

Veithzal Rivai & Ella Jauvani. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter