PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Eva Widiyaningtyas, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya pengaruh efikasi diri siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan; (2) besarnya pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan; (3) besarnya pengaruh efikasi diri siswa dan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah 54 siswa kelas X di SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 43,7% dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 31,8% dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 49,9% dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05.


Full Text:

PDF

References


Darwyan Syah et. al. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung persada press

Ebrahim Khodaie, Ali Moghadamzadeh & Keyvan Salehi. (2011). Factor Affecting the Probability of Academic Cheating School Students in Tehran. ELSEVIER, 29, 1587-1595

Jess Feist & Gregory J. Feist. (2011). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika

Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algesindo

Neni Uswatun Khasanah. (2014). Skripsi: Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: UNY

Ramli Bakar. (2014). The Effect of Learning Motivation on Student`s Productive Competencies in Vocational High School West Sumatra. AESS, 4(6), 722-732

Ratri Nugrahani. (2013). Skripsi: Hubungan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Danureja Yogyakarta. Yogyakarta: UNY

Riska Nur Fadila. (2013). Skripsi: Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: UNY

Rita Kurniyawati. (2012). Naskah Publikasi: Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa. Surakarta: UMS

Santrock, John W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika

Zulfika Aulia Nukha. (2015). Skripsi: Pengaruh Metode Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Klaten. Yogyakarta: UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter