PENGELOLAAN LABORATORIUM SEKRETARIS KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Devi Wahyuni, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium sekretaris pada kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Laboratorium sekretaris kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran, Ketua kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Kepala TU sebagai Ketua Tim Pelaksana dan Pengelola Sarana dan Prasarana, Teknisi Laboratorium, 1 orang guru Produktif kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran, 12 siswa kelas X dan 12 siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan tata ruang laboratorium sekretaris masih terbatas, laboratorium sekretaris belum memiliki ruang yang ideal untuk melakukan kegiatan praktik; 2) pengorganisasian laboratorium belum sesuai ketentuan karena terkendala oleh kurangnya sumber daya manusia; 3) pengadministrasian dilakukan dengan sederhana dan belum maksimal, penggunaan inventaris yang ada di laboratorium belum sesuai dengan peralatan/perlengkapan yang ada; 4) pemeliharaan laboratorium belum dilaksanakan secara rutin dan teratur, pemeliharaan secara umum hanya dilakukan dengan cara menyapu dan membuang sampah, sementara dalam bentuk perawatan dan perbaikan dilakukan secara langsung ketika peralatan mengalami kerusakan dan menjelang ujian saja; 5) pengawasan laboratorium dititikberatkan kepada guru-guru pendamping praktik.


Full Text:

PDF

References


Anti Damayanti Hamdani & Isma Kurniatanty. (2008). Manajemen dan Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Daimatun Nafiah. (2016). Penataan Ruang Kantor Dalam Menunjang Efektivitas Pekerjaan Kantor. Jurnal Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi Vol XIV. Februari.

Hani Handoko T. (2003). Manajemen. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Ibrahim Bafadal. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Joko Kumoro. (2004). Manajemen Pekerjaan Kantor. Jurnal Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi Vol IV. 2 Agustus.

Manullang. (2012). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muchlas Samani, dkk. (2009). Manajemen Sekolah (Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah). Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter