PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN

Agita Kusuma Devi, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa di SMK Abdi Negara Muntilan, (2) pengaruh komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap kedisiplinan siswa di SMK Abdi Negara Muntilan, dan (3) pengaruh lingkungan keluarga dan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap kedisiplinan siswa di SMK Abdi Negara Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Abdi Negara Muntilan sejumlah 180. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 119 dari 180 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 35 siswa SMK Abdi Negara Muntilan yang tidak dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 21,9% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap kedisiplinan siswa di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 46,9% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa di SMK Abdi Negara Muntilan sebesar 49,0% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Semiawan, C. (2009). Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: Indeks.

Siswoyo, E. & Maman, R. (2000). Manajemen Kelas KIP. Semarang: Semarang press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suranto, A.W. (2005). Komunikasi Efektif untuk Mendukung Kinerja Perkantoran. Yogyakarta: Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi. Vol V, No. 2: 26-35.

Suranto, A.W. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutirman. (2006). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi. Vol VI, No. 2: 109-121.

Unaradjan, D. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo.

Wantah, M.J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter