PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMBUAT DOKUMEN SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN

Ada Uljanah Heriani, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen; (2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen; (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen sebesar 10,4%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen sebesar 31,5%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 31,7%.


Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Eveline Siregar dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin. (2011). Psikologi Pendidikan Teori & Praktik. Jakarta: Indeks.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter