PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS DI DINAS PERTANIAN, PANGAN, KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BANTUL

Eska Yoga Prasetya, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan public relations, dan (2) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan public relations di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Informan penelitian sebanyak 3 pegawai dan dua orang warga. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan public relations di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bantul dilakukan dengan cara (a) penjaringan informasi, public relations bertugas untuk menggali informasi dari warga baik tertulis maupun wawancara. (b) Melakukan analisis situasi dengan cara pemantauan langsung ke kecamatan dan desa yang akan dijadikan sasaran lokasi warga binaan. (c) mengkomunikasikan semua program dinas yang sudah berjalan dan belum berjalan kepada masyarakat dengan cara mengadakan dialog bersama, menyediakan fasilitas kritik dan saran melalui web, email, dan kotak saran, serta membuat SIPADU (sistem informasi terpadu). (d) Sosialisasi ke masyarakat dalam bentuk pengenalan program, membuat baliho-baliho dan pamphelt tentang program dari dinas, serta melakukan koordinasi dengan pamong yang ada di masyarakat. (2) Hambatan dalam pelaksanaan public relations yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap informasi tentang program yang dirumuskan oleh pihak public relation, public relation kurang dalam menjalin kerjasama antar mitra salah satu contohnya adalah kerjasama dengan media cetak dan elektronik.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Danandjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Effendy, Onong Uchjana. 1998. Human Relations dan Public Relations dalam Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Terjemahan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter