PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN

Annisa Nurul Hidayatulloh, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh Minat Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. 2) Besarnya pengaruh Disiplin Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. 3) Besarnya pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signfikan: 1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul, dengan rx1y = 0,830; r2x1y = 0,689; thitung (11,826) > ttabel = (1,998); 2) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul, dengan rx2y = 0,790; r2x2y = 0,624; thitung (10,226) > ttabel = (1,998); 3) Minat Belajar dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul, dengan Ry(1,2) = 0,869; R2y(1,2) = 0,756 ; nilai Fhitung (95,907) > Ftabel (4,76).


Full Text:

PDF

References


Nana Sudjana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soedijarto. (2003). Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sofchah Sulistyowati. (2001). Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu.

Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Tulus Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter