PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PURWOREJO

Fena Wulandari, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian adalah 2 pegawai penerima tamu di gedung pusat, 2 pegawai penerima tamu di gedung perpustakaan dan 6 masyarakat pengguna layanan. Pemilihan dan penentuan jumlah informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pelayanan sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat, (2) waktu penyelesaian masih belum pasti, (3) semua biaya penyelesaian gratis, (4) produk pelayanan sudah baik dan sesuai dengan keinginan masyarakat, (5) sarana dan prasarana penunjang masih belum lengkap, (6) petugas sudah melayani masyarakat dengan ramah dan adil, serta telah bekerja sesuai bidang keahliannya masing-masing, tetapi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo masih belum ada petugas pelayanan sebagai penerima tamu.


Full Text:

PDF

References


Daryanto & Ismanto Setyabudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Fandy Tjiptono. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

_____________. (2012). Service Management (Mewujudkan Layanan Prima). Yogyakarta: Andi Offset.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 Republik Indonesia tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Di unduh pada tanggal 28 Januari 2017 pukul 15.30 WIB.

Lena Satlita. (2003). Pelayanan Prima Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan. (http://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/3799/3275). Diunduh pada tanggal 20 Januari pukul 20.00 WIB

Sampara Lukman. (2000)). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Sugondo. (2017). Integritas Pilar Pelayanan Prima. Media Korpri, Mei 2017.

Sutopo & Adi Suryanto. (2009). Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Di unduh pada tanggal 21 Februari 2017 pukul 11.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter