PENGEMBANGAN KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI BUKU CERITA: PEMBELAJARAN EMPAT KATA AJAIB DI SEKOLAH DASAR

Sarah Divani Adrina, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita bergambar tentang empat kata ajaib (maaf, tolong, permisi, terima kasih) yang layak sebagai media pembelajaran di SD Negeri 1 Demangan; dan (2) menghasilkan media yang praktis untuk menanamkan sikap sopan santun. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kesopanan peserta didik serta perlunya media non-digital dalam pembelajaran karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Produk yang dihasilkan berupa empat buku cerita bergambar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket kepada ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini “sangat layak” digunakan menurut ahli materi (92,5%) dan ahli media (100%), serta dinilai “praktis” oleh guru (85%) dan “sangat praktis” oleh peserta didik (100% uji coba terbatas, 96,7% uji coba lapangan).

Full Text:

PDF

References


Akhir, M. H., Tebisi, J. M., Lestari, K. F., & Mulki, M. M. (2024). Ilmu Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Paud Nagaya Sigi. Gudang Jurnal Multidisiplin. 2(April), 36–40.

Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi) Di SMP. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Budiningsih, C. A. (2003). Perkembangan Teori Belajar dan Perkembangan Menuju Revolusi-Sosiokultural Vygotsky. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1(1), 37-48.

Harahap, D. G. S., Alparis Sormin, S., Fitrianti, H., Rafi’y, M., & Irawan, F. (2023). Implementation of Merdeka Curriculum using Learning Management System (LMS). International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 2(1), 93–99. https://doi.org/10.55299/ijere.v2i1.439

Kartono, K. (1990). Psikologi anak (Psikologi Perkembangan). CV Mandar Maju. Bandung.

Lickonna.T. (1992). Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Piaget, J. (1932). The Moral Judgment Of The Child. Harcourt, Brace & World. 60-61

Safarah, Rosya Alvina Zaida, K. M. (2024). Buku Cerita Bergambar Tiga Kata Ajaib untuk Pendidikan Karakter Berkata Santun Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 10, 1–10. https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2137

Sari, A. P., & Rosita, L. (2021). Pembentukan Karakter Anak Melalui Pembiasaan Kata Sopan dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Golden Age, 6(2), 104 112.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Yulianti, I., Isnani, A., Zakkiyyah, A. L., & Hakim, J. (2018). Penerapan Bahasa Jawa Krama untuk Membentuk karakter Sopan Santun di Sekolah Dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional di Universitas Muria Kudus (Vol. 11).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter