PENERAPAN FIXED DO PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan fixed do di ekstrakurikuler ansambel musik; (2) mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan; (3) mengungkapkan kelebihan dan kelemahan penerapan fixed do. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan fixed do bukan dalam pengertian yang sebenarnya. ‘Do’ dimengerti sebagai angka 1 yang merupakan penulisan nada pada notasi angka. Penerapannya pada alat musik recorder, pianika, dan bass dengan proses pembelajaran meliputi latihan tangganada C dan kromatis, etude, dan lagu. (2) Metode pembelajaran menggunakan metode demostrasi, drill, tutor teman sebaya, dan team teaching. (3) Kelebihan dalam menerapkan fixed do antara lain materi lagu lebih cepat dikuasai, pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan, menambah pengetahuan akan nada kromatis. Sementara itu, kelemahannya tidak mengenal tangganada selain tangganada C.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.