UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI SISWA TUNA GRAHITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DI SDLB-SLB NEGERI 1 GUNUNGKIDUL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan bernyanyi siswa tunagrahita menggunakan media audio-visual di SDLB-SLB Negeri 1 Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita rombongan besar SDLB-SLB Negeri 1 Gunungkidul Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian yang terdiri atas 2 aspek pengukuran yaitu ritme dan kemampuan menghafal lirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan bernyanyi siswa tunagrahita dengan menggunakan media audio-visual. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata dari pra siklus 37,5 siklus I sebesar 45 dan siklus II sebesar 67,5. Tingkat keberhasilan diukur dengan menilai keterampilan siswa dalam bernyayi sesuai ritme dan kehafalan terhadap lirik lagu melalui tes pada akhir siklus. Kesimpulannya adalah penerapan media audio-visual dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa tunagrahita rombongan besar di SDLB-SLB Negeri 1 Gunungkidul.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.