UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SIGHT READING MAHASISWA PIM IV PIANO MELALUI PENERAPAN PROGRAM SUPER SIGHT-READING SECRETS DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FBS UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sight reading mahasiswa PIM Piano IV melalui penerapan program super sight-reading secrets dari Howard Richman di Jurusan Pendidikan Seni Musik, FBS, UNY. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PIM IV Piano dengan jumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian yang terdiri atas 3 aspek pengukuran yaitu penjarian, melodi, dan ritmis. Validitas data yang digunakan yaitu validitas proses, hasil, demokratik, katalitik, dan dialogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan sight reading mahasiswa dengan penerapan program super sight-reading secrets dari Howard Richman serta dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata pra siklus 68,12, siklus I 77,26, dan siklus II 78,44.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.