PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKOR DAN INTERVAL

Lukas Gunawan Arga Rakasiwi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa game berbasis android sebagai media pembelajaran akor dan interval; 2) mengetahui kelayakan game berasis android sebagai media pembelajaran akor dan interval. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan menggunakan model pengembangan Luther yaitu tahap concept, design, material collecting, assembly, dan testing. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang terdiri atas angket untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran yang dikembangkan dan dihasilkan berbentuk game berbasis android sebagai media pembelajaran akor dan interval; 2) persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 95,2%, pada kategori sangat layak, ahli materi sebesar 100%, pada kategori sangat layak, dan mahasiswa sebesar 83,33%, pada kategori sangat layak. Hasil pengujian secara keseluruhan menunjukkan bahwa game berbasis android sebagai media pembelajaran akor dan interval layak digunakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.