UPAYA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS IV SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai hasil belajar seni musik menggunakan Model Pembelajaran Quantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, subyek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri Bibisluhur Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Obyek penelitian ini adalah seluruh kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Quantum. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas hasil, validitas demokratis, validitas proses, validita s katalistik, validitas dialog. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dikaitkan dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pemebelajaran Quantum dapat meningkatkan nilai hasil belajar bagi siswa kelas IV SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan melihat nilai rata-rata hasil evaluasi. Rata-rata nilai pra siklus adalah 63,19, siklus I adalah 67, 9 dan siklus II adalah 86, 2.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.