UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN RECORDER SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SMP NEGERI 2 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain recorder siswa melalui penggunaan media video di SMP Negeri 2 Surakarta. Media video digunakan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari instrumen recorder sehingga kemampuannya meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan dalam 4 pertemuan. Siklus kedua dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas 8D dan guru seni budaya sebagai expert sekaligus kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama nilai mengalami peningkatan sebesar 45% sedangkan pada siklus dua nilai mengalami peningkatan sebesar 22%. Hasil rata-rata nilai pada pra siklus sebesar 44 naik menjadi 64 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi sebesar 78 pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media video dapat meningkatkan keterampilan siswa SMP Negeri 2 Surakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.