UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKSTRAKURIKULER KARAWITAN MELALUI VARIASI MATERI AJAR DI SMP N 1 SEMIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler karawitan melalui variasi materi ajar di SMP Negeri 1 Semin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler karawitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, angket. Instrumen utama berupa tes praktik bermain instrumen dan angket. Validitas yang digunakan berupa validitas hasil, validitas proses, validitas demokratis, validitas katalistik dan validitas dialogis.Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Peningkatan nilai rata-rata sebesar 56,82 (pra siklus) menjadi 70,76 (siklus I) dan meningkat menjadi 76,82 (siklus II). Persentase rata-rata respon siswa dari angket yang telah disebarkan juga mengalami peningkatan, yaitu dari sebesar 79,47% (pra siklus menjadi) 87,35% (siklus I) dan meningkat menjadi 91,52% (siklus II).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.