METODE PEMBELAJARAN MUSIK KERONCONG DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran musik keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran musik keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta. Data diperoleh melalui wawancara, observasi kualitatif, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta yaitu ceramah, demonstrasi, latihan/drill, tanya jawab, pemberian tugas, dan presentasi,. Pembelajaran keroncong dibagi dalam 4 tahap, yaitu : 1) pembelajaran musik keroncong dengan irama dasar, 2) pembelajaran keroncong dengan irama engkel dan dobel, 3) pembelajaran keroncong dengan lagu-lagu langgam, keroncong asli, stambul, dan 4) pembelajaran keroncong lagu ekstra. Pada pembelajaran keroncong lagu ekstra guru memiliki tujuan untuk menarik minat siswa dan kalangan muda untuk lebih menyukai keroncong yang dapat dibawakan secara lebih fresh dengan membawakan lagu-lagu yang sedang hits dan disukai di kalangan anak muda.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.