UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA EKSTRAKURIKULER BIOLA MELALUI PENGGUNAAN REPERTOAR LAGU ANAK DI SD TERUNA BANGSA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan meningkatkan keterampilan bermain biola pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler biola di SD Teruna Bangsa dengan menggunakan materi lagu anak Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart, dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas 1-5 yang mengikuti ekstrakurikuler biola pada kelas dasar, yang berjumlah 31 siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas proses, hasil, demokrasi, katalik, dialogis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan repertoar lagu anak dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler biola dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain biola. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata yang mengalami peningkatan setiap siklus. Pada pra siklus ke siklus I rata-rata siswa sebesar 55,94. Setelah diberikan penerapan materi lagu anak menjadi 66,69 dan pada siklus II menjadi 75,61.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.