UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN PIANIKA DALAM EKSTRAKURIKULER PIANIKA MENGGUNAKAN METODE DALCROZE DI SMP MUH 7 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatkan kemampuan bermain pianika dalam pembelajaran ekstrakurikuler pianika menggunakan metode Dalcroze di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes praktik dan dokumentasi.Untuk mencapai keabsahan data dalam penelitian, validitas yang dilakukan adalah validitas hasil, validitas proses, validitas demokratis, validitas katalitik, dan validitas dialog.Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metode Dalcroze dapat meningkatkan kemampuan bermin pianika dalam pembelajaran ekstrakurikuler pianika menggunakan metode Dalcroze di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada tindakan pra siklus 8 anak memenuhi nilai KKM ( 22,2%). Pada siklus I 3 anak mendapat nilai KKM (8,3%) dan 22 anak mendapat nilai diatas KKM (61,1%). Pada Siklus II terdapat 5 anak mendapat nilai KKM (13,9%) dan 31 anak mendapat nilai diatas KKM (86,1%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.